Selasa, 20 Desember 2011

MASYARAKAT PERKOTAAN DAN MASYARAKAT PEDESAAN



VI.  MASYARAKAT PERKOTAAN DAN MASYARAKAT PEDESAAN
CERITAKAN YANG ANDA PAHAMI TENTANG MASYARAKAT PERKOTAAN DAN MASYARAKAT PEDESAAN DI NEGARA INI.
MENURUT ANDA, SUDAHKAH TERJALIN HUBUNGAN SIMBIOSIS MUTUALISME YANG BAIK DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKATNYA.

MASAYARAKAT PERKOTAAN
      Masyarakat perkotaan sering disebut juga urban community. Masyarakat kota adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Pengertian masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat-sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan. Pada umumnya masyarakat modern tinggal didaerah perkotaan, sehingga disebut masyarakat kota. Namun tidak semua masyarakat kota tidak dapat disebut masyarakat modern, sebab orang kota tidak memiliki orientasi ke masa kini,

MASYARAKAT PEDESAAN
     Masyarakat desa adalah masyarakat yang kehidupannya masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama. Adat istiadat adalah sesuatu aturan yang sudah mantap dan mencakup segala konsepsi sistem budaya yang mengatur tindakan atau perbuatan manusia dalam kehidupan sosial hidup bersama, bekerja sama dan berhubungan erat secara tahan lama, dengan sifat-sifat yang hampir seragam.
HUBUNGAN SIMBIOSIS MUTUALISME YANG BAIK DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT.
Hubungan simbiosis mutualisme dalam kehidupan masyarakat ini sudah terjalin karena kehidupan masyarakat kota dan desa terdapat hubungan yang erat yang bersifat saling membutuhkan dan saling  bergantung.
Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan seperti beras, sayur-mayur dll. Desa juga merupkaan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu di kota, misalnya saja buruh bangunan dalam proyek-proyek perumahan, proyek pembangunan atau perbaikan jalan raya atau jembatan. Mereka ini biasanya adalah pekerja-pekerja musiman.
Sebaliknya, kota menghasilkan barang-barang yang juga diperlukan oleh orang desa seprti bahan-bahan pakaian, alat dan obat-obatan pembasmi hama pertanian, minyak tanaha obat-obatan untukmemelihara kesehatan dan alat transportasi.

Sumber:
MKDU Ilmu Sosial Dasar, GUNADARAMA

0 komentar:

Posting Komentar