Selasa, 20 Desember 2011

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT



V.         PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG KECENDERUNGAN TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL YANG TIMBUL DIDALAM MASYARAKAT.
CERITAKAN DAMPAK POSITIF ATAU NEGATIF YANG TIMBUL.
MENURUT ANDA, BAGAIMANA MENGHINDARI KECENDERUNGAN TIMBULNYA PELAPISAN MASYARAKAT TERSEBUT.

Pelapisan social
      Masyarakat terbentuk dari individu-individu. Individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok social. Dengan adanya atau terjadinya kelompok social ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat yang berstrata.
Masyarakat merupakan suatu kesatuan yang didasarkan ikatan-ikatan yang sudah teratur dan boleh dikatakan stabil. Sehubungan dengan ini, maka dengan sendirinya masyarakat merupakan kesatuan yang dalam pembentuknya mempunyai gejala yang sama.
Terjadinya pelapisan social
Terjadinya pelapisan social terbagi menjadi 2:
·   Terjadi dengan sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Pengakuan-pengakuan terhadap kekuasaan dan wewenang tumbuh dengan sendirinya. Oleh karena itu sifatnya yang tanpa disengaja inilah maka bentuk lapisan dan dasar daripada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.
·   Terjadi dengan sengaja
Sistem pelapisan yang disusun dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang
Didalam sistem organisasi yang disusun dengan cara ini mengandung 2 sistem, ialah:
1.  Sistem fungsional merupakan pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat.
2.   Sistem skalar merupakan pembagian kekuasaan menurut tangga atau jenjang dari bawah ke atas (vertikal).
Dampak dari pelapisan social
      Adanya pelapisan social dapat pula mengakibatkan atau mempengaruhi tindakan-tindakan warga masyarakat dalam interaksi sosialnya. Pola tindakan individu-individu masyarakat sebagai konsekwensi dari adanya perbedaan status dan peran social akan muncul dengan sendirinya.
·   Dampak positif
Pelapisan sosial merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Pelapisan sosial memberikan dampak positif jika dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, dengan adanya pelapisan sosial masyarakat dalam satu organisasi dituntut untuk dapat menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak mereka. Dengan sistem pelapisan sosial ini, maka akan terjalin kerjasama yang bersifat mutualisme.
·   Dampak negatif
Pelapisan sosial bagi sebagian kalangan merupakan dampak negatif. Terjadinya kesenjangan sosial antar kalangan dalam masyarakat merupakan bukti kongkrit bahwa pelapisan sosial memberikan dampak buruk. Kalangan kelas atas yang memandang rendah kalangan bawah semakin memperparah situasi, masyarakat bawah yang tidak menerima dirinya berada dibawah merasa cemburu kepada orang lain yang berada diatas. Akibatnya, terjadilah tindakan-tindakan kriminal. Sikap saling tidak menghargai orang lainseperti itu dapat menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.
Cara menghindari kecenderungan timbulnya pelapisan masyarakat adalah dengan cara saling menghargai dan menghormati kewajiban dan hak orang lain itu.

sumber:
MKDU Ilmu Sosial Dasar, GUNADARAMA

0 komentar:

Posting Komentar