Sabtu, 26 Mei 2012

MANUSIA Dan KEGELISAHAN

            Rasa kekhawatiran yang disebabkan karena kurang tentramnya jiwa seseorang atau rasa tidak sabaran ini merupakan salah satu bagian diri manusia yang cukup sering dialami oleh manusia adalah kegelisahan.
              
            Kegelisahan dalam diri manusia dapat timbul sewaktu-waktu. Pada dasarnya manusia sendiri-lah yang menyebabkan kegelisahan itu terjadi.
Kegelisahan pada diri manusia pun sangat erat kaitannya dengan "Tanggung Jawab". Jika usaha yang telah dilakukan untuk mempertanggung jawabkan itu mengalami kendala, kesulitan ataupun kegagalan maka secara langsung akan terpikirkan dalam benak bahwa itu sebuah ‘kegagalan’ atau ‘masalah’. Dengan begitu, manusia tersebut akan merasakan kegelisahan.
            
            Adapun contohnya seorang pelajar, bila pelajar tersebut tidak mengerjakan Pekerjaan Rumahnya maka dia akan merasa gelisah karena takut dimarahi oleh gurunya atau gelisah karena tidak sabar menunggu hasil ujiannya. Kegelisahan juga bisa terjadi karena kekhawatiran yang berlebih seperti menunggu kabar dari keluarga atupun kekasih yang sedang dalam perjalanan atau sebagainya.

   Cara mengatasi kegelisahan itupun manusia mempunyai caranya sendiri. Namun baiknya dalam mengatasi hal tersebut sangat diperlukan sikap tenang, tidak menuruti pengaruh emosi.
Dalam agama saya yaitu Agama Islam pun jika kita selalu mendekatkan diri pada Allah SWT yaitu dengan cara sholat, dzikir, berdoa, dll. Maka tidak ada lagi perasaan gelisah, yang ada adalah perasaan tenang.

0 komentar:

Posting Komentar