Selasa, 09 Oktober 2012

TEORI ORGANISASI UMUM (1)



1.    Jelaskan konsep dari teori X dan Y ?
  • Teori X
Teori ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pekerja memiliki cita-cita yang kecil untuk mencapai tujuan syarikat namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja pekerja tersebut harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

  • Teori Y
Teori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka merasa memiliki kewajiban untuk menjalankan atau mengerjakan pekerjaannya. Pekerja memiliki kemampuan kreatif, imaginasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan bekerja.

2.    Apa yang dimaksud dengan teori manajemen ilmiah ?
  • Penerapan metode-metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah- masalah organisasi.
  • Seperangkat mekanisme atau tingkat-tingkat untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi.
 
 3.    Coba jelaskan tentang teori matinya birokrasi ?

  • Teori matinya birokrasi dikemukakan oleh Warren Bennis yang menyatakan bahwa kondisi saat ini menunjukkan bahwa bentuk organisasi yang ideal adalah adhocracy yang fleksibel. Adhocracy adalah jenis organisasi yang beroperasi dalam mode berlawanan dengan birokrasi. Istilah ini pertama kali dipopulerkan pada tahun 1970 oleh Alvin Toffler, dan sejak itu menjadi sering digunakan dalam teori manajemen organisasi selanjutnya dikembangkan oleh akademisi seperti Henry Mintzberg.

0 komentar:

Posting Komentar